Top Ads

6 Inspirasi Desain Dapur Kotor di Belakang Rumah

Jasa Arsitek Desain Dapur Minimalis – Dapur kotor? Mungkin sebagian dari kita pernah atau sering mendengar istilah tersebut. Nah, sebelum membahas tentang dapur kotor, sebenarnya apa sih yang membedakan dapur kotor dengan dapur bersih?
Perlu diketahui bahwa sebutan  dapur bersih dan dapur kotor rupanya hanya ada di beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia menerapkan dapur bersih dan dapur kotor untuk membedakan tempat memasak dan mengolah makanan yang kemudian disebut dapur kotor dengan tempat untuk menyiapkan makanan yang telah diolah yang disebut dengan dapur bersih.
Dengan adanya dapur kotor, ruang gerakmu menjadi lebih luwes saat memasak. Jadi, kamu tidak perlu takut dapur terkena percikan minyak atau kotoran karena justru itulah fungsi dari dapur kotor. Selain itu, kamu juga memiliki ruang khusus untuk menyimpan bahan makanan dan barang-barang lainnya dengan lebih leluasa.
Dapur kotor sendiri biasanya didesain dan diletakkan di bagian yang tidak terlihat dari ruang tamu atau ruang utama. Biasanya para pemilik hunian akan memanfaatkan teras belakang rumah atau patio untuk membuat dapur kotor.
Nah, buat kamu yang tertarik untuk menghadirkan dapur kotor di belakang rumah, kali ini Kania sudah menyiapkan beberapa contoh inspirasi desain dapur kotor yang bisa diterapkan di rumahmu. Seperti apa, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Dapur kotor di belakang rumah menghadap taman


Desain dapur kotor yang berada di belakang rumah ini menghadap ke area taman atau kebun kecil. Dapur kotor ini mengusung desain dapur sederhana yang disertai kabinet tempat menyimpan bumbu dan alat masak. Lengkapi dapur kotormu dengan menambahkan kursi dan meja kayu yang sesuai dengan keinginan dan seleramu.
Untuk membuat kesan yang lebih spesial, kamu juga bisa mendesain dinding backsplash untuk dapur kotormu dengan model batu bata yang tidak disemen atau dipasangi keramik. Selain stylish dan menghemat biaya, model seperti ini juga bisa menyamarkan noda-noda dari percikan minyak atau bumbu masak. Pasti sangat menyenangkan bukan bisa memasak sambil menyaksikan keasrian teras belakang rumah?

2. Dapur kotor semi outdoor


Dapur kotor yang satu ini memiliki konsep semi outdoor. Didesain dengan model bukaan yang sangat luas agar kamu lebih leluasa saat memasak. Terdapat kitchen island yang bisa kamu gunakan untuk mengiris dan mengolah bahan makanan. Dapur kotor ini terdiri dari elemen kayu yang senada dengan meja makan kayu untuk menyantap makanan yang disajikan bersama keluarga.

3. Dapur kotor berkonsep rustik dan unfinished semen


Bagi kamu yang memiliki keterbatasan ruang, dapur kotor mungil ini bisa kamu jadikan inspirasi. Tema rustik dengan paduan elemen kayu pada bagian kabinet dan semen bergaya unfinished pada bagian permukaan meja dapur membuat dapur kotor ini memiliki sensasi dan kesan unik tersendiri yang akan membuatmu betah berlama-lama untuk memasak.
Meskipun mungil, dapur kotor ini juga dilengkapi dengan kabinet tempat menyimpan bahan makanan dan wastafel untuk mencuci bahan-bahan makanan. Tak lupa juga mini kitchen bar untuk meletakkan makanan yang sudah jadi. Kamu juga bisa menambahkan tumbuhan hijau di beberapa sudut dapur untuk menciptakan suasana yang asri. Dapur kotor ini sangat spesial, kan?

4. Dapur kotor ala Mediterania


Desain dapur kotor dengan gaya mediterania ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki halaman belakang rumah dengan lahan yang luas. Kamu bisa mulai dengan mendesain salah satu area untuk menempatkan kompor dan oven. Pada sisi lain, tempatkan wastafel cuci piring dan tempat untuk meletakkan peralatan dapur.
Dapur kotor ini akan terasa semakin hidup dan alami dengan menggunakan material batu alam. Ruangnya yang luas juga akan memudahkanmu saat memasak, apalagi ketika sedang memasak bersama keluarga saat acara-acara tertentu.

5. Dapur kotor pada patio belakang rumah


Dapur kotor ini memiliki nuansa yang hangat seperti desain rumah gaya Eropa yang berada pada patio atau serambi terbuka di belakang rumah. Dilengkapi dengan kerangka kayu yang tidak dipoles sebagai penghias bagian dapur. Selain berfungsi sebagai dapur kotor, dapur ini juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga untuk pesta barbeque di rumah.

6. Dapur kotor pada lorong belakang rumah


Dapur kotor yang satu ini memanfaatkan lorong belakang rumah yang tidak terpakai. Dapur kotor ini memiliki konsep desain dapur minimalis dengan menggunakan dinding rumah backsplash. Tak lupa juga bagian terpenting dari dapur kotor, yaitu kitchen island sederhana yang terdiri dari wastafel cuci piring dan alat pemanggang. Jika ada ruang lebih, tambahkan meja makan agar kamu dan keluarga bisa langsung menyantap makanan sambil bersantai di belakang rumah.
Nah, setelah melihat inspirasi dapur kotor di atas, mana nih yang jadi favoritmu?

Arsitek Rumah Tinggal | Arsitek Bangunan Komersial| Desainer Interior | Arsitek Bangunan Hijau(Green Design Architect)| Arsitek lanskap | Arsitek Urban| Arsitek Kawasan Industri (Industrial Architect) | Kanopi Rumah Minimalis| Desain Rumah Minimalis | Arsitektur Design| Desain Arsitek| Jasa Desain Arsitek | Jasa Arsitek | Jasa Desain Arsitek Rumah | Desainer Arsitektur| Desainer Interior | Jasa Arsitek Desain Rumah Minimalis| Jasa Desain Rumah| Jasa Kontraktor Rumah| Kontraktor Rumah Murah| Sketsa Rumah

0 komentar:

Posting Komentar